Pesan Menteri Pendidikan Saat Hardiknas

(Pati, Kota) -  Masa depan bangsa mendatang tercermin dari wajah-wajah yang ada disetiap ruang kelas sekarang ini. Untuk itu butuh  sebuah gerakan bersama untuk mengembangkan pendidikan untuk meningkatakan kualitas manusia Indonesia.
Meski wajah-wajah masa depan bangsa berada didalam ruang-ruang kelas, bukan berarti tanggung-jawab membentuk masa depan itu hanya berada di pundak pendidik dan tenaga kependidikan di institusi pendidikan. Secara konstitusional, mendidik menjadi tanggung jawab negara,  namun secara moral mendidik menjadi tanggung jawab setiap orang terdidik.
Demikian ungkap Bupati Pati, Haryanto, saat membacakan sambutan tertulis Mendikbud RI, Anis Baswedan, pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2015, di Simpang Lima Alun-alun Pati, Senin pagi, (4/5).
“Semua harus ikut peduli, bahu membahu, saling sokong dan topang untuk memajukan kualitas manusia Indonesia lewat pendidikan. Pendidikan harus dipandang sebagai ikhtiar kolektif seluruh bangsa. Karena itu pendidikan tidak bisa dipandang sebagai sebuah program semata. Kita harus mengajak semua elemen masyarakat untuk terlibat,” katanya.
Bupati Haryanto mendorong, pendidikan menjadi gerakan semesta yang melibatkan seluruh elemen bangsa, masyarakat merasa memiliki, pemerintah memfasilitasi, dunia bisnis peduli, dan ormas/LSM mengorganisasi. Sehingga berbeda dengan sekadar “program” yang perasaan memiliki atas kegiatan hanya terbatas pada para pelaksana program. 
“Sebuah “gerakan” justru ingin menumbuhkan rasa memiliki pada semua kalangan. Mari kita ajak semua pihak untuk merasa peduli, untuk merasa memiliki atas problematika pendidikan agar semua bersedia menjadi bagian dari ikhtiar untuk menyelesaikan problematika itu. Gerakan pencerdasan dan penumbuhan generasi berkarakter Pancasila adalah sebuah ikhtiar mengembalikan kesadaran tentang pentingnya karakter Pancasila dalam pendidikan kita,” Kata Bupati Pati.
Usai upacara peringatan Hardiknas, Bupati Haryanto didampingi pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Pati dan Kepala Dinas Pendidikan, menyerahkan penghargaan kepada pelajar dan pendidik berprestasi.
Share on Google Plus

About KMPP Walisongo

0 komentar: