Pemilihan Duta Bahasa Pati


Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora), mengadakan seleksi duta bahasa untuk mewakili Kabupaten Pati ke tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Seleksi duta bahasa diikuti pelajar dan mahasiswa se-Kabupaten Pati.
Sebanyak 32 peserta pelajar se-tingkat SLTA dan  Perguruan Tinggi di Kabupaten Pati mengikuti seleksi duta bahasa, yang diselenggarakan di aula Disbudparpora, Rabu pagi (20/5).  Untuk babak penyisihan ini,  panitia akan mengambil 10 besar putra, dan 10 besar putri.
Kasi Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Pati, Soponyono, S.Ag, MM kepada radio PAS Pati mengatakan, penyelenggaraan seleksiduta bahasa,  sebagai upaya menanamkan nilai-nilai patriotisme yang berwawasan internasional, juga memiliki karakteristik kedaerahan.
“Materi yang dilombakan ini, selain Bahasa Jawa sebagai bahasa ibu, kemudian Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Materi Bahasa Jawa (bahasa Ibu) tentang wahana tradisi, dan Bahasa Indonesia untuk patriotik, dan Bahasa Inggris adalah wawasan internasional. Dan lomba ini akan berkelanjutan hingga ke tingkat Jawa Tengah. Dan biasanya Kabupaten Pati biasanya masuk dalam kejuaraan Jawa Tengah, walaupun belum pernah juara pertama, tapi juara dua, dan tiga sering kita raih,” tuturnya.
Soponyono berharap, penyelenggaraan hingga final seleksi duta bahasa dapat berlangsung di ruangan terbuka, tidak didalam ruangan seperti yang sudah berjalan. Sehingga masyarakat dapat melihat,  semisal di tempat wisata, seperti halnya pelaksanaan pemilihan duta wisata.
“Untuk testnya sendiri meliputi UKB (Uji Kecakapan Bahasa) tertulis, kemudian peserta juga akan diuji lesan oleh para juri,” terang Soponyono, S.Ag. MM.
Meski masih tingkat Kabupaten Pati, Panitia Seleksi Duta Bahasa melibatkan 4 orang juri dari luar daerah untuk menjaga obyektifitas penilaian. 3 juri dari Balai Bahasa Jawa Tengah, dan  mantan Duta Bahasa Nasional asal Solo.
Kasi Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Pati, Soponyono, S.Ag. MM mengatakan, rencananya final pemilihan duta bahasa tingkat Jawa Tengah,  diselenggarakan di Pendopo Kabupaten Pati,  pada awal September mendatang. Penyelenggaraan tersebut, juga bersamaan dengan lomba musikal pelajar se-Jawa Tengah.

sumber berita: pasfmpati.com
Share on Google Plus

About KMPP Walisongo

0 komentar: