Normalisasi Sungai Simo untuk Adipura

Alat berat mengkeruk lumpur sungai Simo

PATI – Penilaian terhadap seluruh aspek lingkungan terkait dengan penghargaan Adipura yang akan berlangsung pertengahan April mendatang, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati melakukan sejumlah tindakan. Salah satunya normalisasi Sungai Simo yang berada di Jalan Raya Pati-Tayu Km 1.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Pati Suharyono mengatakan, Sungai Simo dinilai layak untuk dilakukan normalisasi. Karena, pada bagian bawah dan sekitar jembatan Sungai Simo terdapat sampah yang menggunung, serta endapan lumpur yang membuat sungai semakin dangkal dan sempit.
”Kami melakukan pembersihan sampah pada area sungai. Karena, jika habis hujan, sampahnya menggunung. Untuk itu, kami melakukan normalisasi sungai agar tetap bersih,” ujarnya kepada Koran Muria, Rabu (1/4).

Selain melakukan agenda pembersihan rutin, katanya, normalisasi sungai juga dilakukan dalam rangka menyambut penilaian penghargaan Adipura. ”Pembersihan sampah pada area sungai kami lakukan secara rutin. Selain itu, pembersihan sampah dan normalisasi sungai diharapkan menjadi salah satu nilai plus bagi penilaian Adipura,” imbuhnya.

Ia berharap agar masyarakat mau bersinergi untuk menjaga lingkungan dengan baik. ”Kami memohon agar masyarakat mau bekerja sama dalam melestarikan lingkungan. Jangan buang sampah sembarangan, baik penduduk sekitar maupun pengendara yang kebetulan lewat sungai,” ungkapnya.
Menurut salah satu petugas di lapangan, normalisasi sungai hanya dilakukan di area sekitar jembatan yang menjadi penilaian tim Adipura. ”Kami ditugaskan untuk membersihkan sampah, mengeruk endapan lumpur, dan melebarkan sungai di area jembatan Sungai Simo saja,” katanya.

Sumber:Muria.news
Share on Google Plus

About KMPP Walisongo

0 komentar: