Kaderisasi ( SANSKERTA KMPP SEMARANG )

SANSKERTA 2013
Dalam era modernisasi yang semua kegiatan selalu mencari hal yang praktis, cepat, juga instan, membuat orang - orang semakin menjadi prakmatis. Prakmatis adalah ketika kita mencari sesuatu hal cepat, tanpa harus mlalui proses yang panjang dan sesuai prosedur. Paham ini membuat banyak sendi kehidupan menjadi perlu adaptasi dan penyesuaian agar bisa tetap seimbang. Tidak terkecuali pada organisasi kemahasiswaan, baik yg ekstra kampus, intra kampus, maupun organisasi berbasis kedaerahan.

Untuk menjalankan roda organisasi, agar regenerasi sebagai estafet kepengurusan selalu ada, perlu adanya sebuah kaderisasi dalam organisasi. Namun, setiap organisasi punya cara kaderisasinya sendiri sesuai dengan ciri khas bidang yang di geluti organisasi tersebut, atau sesuai dengan kulture yang telah menjadi tradisi dalam organisasi tersebut, yang pasti system kaderisasi yang di pakai sesuai dengan tujuan dari organisasi tersebut.

KMPP (Keluarga Mahasiswa Pelajar Pati) yang merupakan organisasi kedaerahan dengan nuansa kekeluargaanyapun punya sendiri dalam kaderisasinya. Di dalam KMPP kaderisasi awal atau bergabungnya anggota dalam KMPP tidak ada proses khusus, karena semua mahasiswa Pati berarti anggota KMPP. Namun, ada sebuah makrab (malam pengakraban) sebagai event anggota baru saling mengenal satu sama lain, juga saling mengenal dengan KMPP, yang biasa di sebut dalam KMPP SANSKERTA (masa pengenalan serta pengakraban anggota).

SANSKERTA sendiri di isi dengan diskusi sederhana tentang KMPP dan Pati, tujuanya tidak lain adalah agara amggota baru KMPP bisa lebih mengenal dan mempunyai rasa memiliki pada KMPP dan Pati. Sebagai mahasiswa yang merupakan Agent Social of Change, mempunyai tanggungjawab secara moral terhadap realita sosial sosial. Diskusi tentang Pati, untuk membuat anggota baru lebih kritis terhadap keadaan Pati, sehingga bisa memberikan kritik - kritik ataupun kontribusi nyata yang positif terhadap Pati. Konsep acara SANSKERTA di buat se asyik mungkin agar anggota baru merasa nyaman dg keluarga barunya. OutBond dan refreshing bareng yang selalu di hadirkan di penutup acara menjadi timing untuk anggota baru dan pengurus KMPP saling mengenal lebih jauh. Karena sejatinya KMPP ada keluarga bagi mahasiswa Pati.


Share on Google Plus

About KMPP Walisongo

0 komentar: