Pohon Asem Kemis di Tegakan Kembali

(Pati, Kayen) - Meyakini kekeramatannya, warga Desa Kayen Kecamatan Kayen, kembali menegakkan pohon asem kemis dilokasi semula. Untuk kembali menegakkan pohon peninggalan Syech Jangkung itu, merupakan inisiatif Pemkab Pati, atas dukungan warga setempat.
Atas kesepakatan warga dengan mendapat bantuan Pemkab Pati, pohon asem kemis di depan Masjid Darun Najjah Desa Kayen Kecamatan Kayen, akhirnya ditegakkan, Minggu siang (12/4). Upaya itu untuk melestarikan pohon asem kemis peninggalan Syech Jangkung, yang tumbang pada Selasa (7/4) lalu.
Ketua Ta`mir Masjid Darun Najjah, H. Sofyan membenarkan hal tersebut. Menurutnya, penegakkan kembali pohon asem kemis yang tumbang itu,  karena warga dan Pemkab Pati berencana untuk mendirikan monumen asem kemis di lokasi tersebut. 
“Ini atas saran dari Pak Bupati Pati, Haryanto, saat berkunjung dan memberikan bantuan kepada warga yang rumahnya tertimpa pohon asem kemis yang tumbang, beberapa hari lalu. Besok malam baru dirapat rencana pembuatan monumen, untuk melestarikan keramat Syech Jangkung. Ketinggiannya sekitar pohon yang ditegakkan  itu antara 4 sampai 5 meter,” kata H. Sofyan, Rabu pagi (15/4).
Untuk membuat pohon agar dapat berdiri kembali, warga mendatangkan derek DPU Kabupaten Pati. Sedang dahan dan ranting digunakan untuk peralatan belajar sekolah, seperti meja dan kursi, serta sebagian lainnya disimpan di museum yang pembangunannya masih dalam perencanaan. 
Seperti yang diberitakan salah satu radio Pati, pohon keramat  peninggalan Syech Jangkung yang diperkirakan berusia ratusan tahun itu, saat tumbang menimpa lima rumah warga, dan sebuah sepeda motor  warga Kudus yang tengah sholat di Masjid Darun Najjah.
Share on Google Plus

About KMPP Walisongo

0 komentar: