Ratusan Murid Miskin Berprestasi di Pati Terima Beasiswa

pasfmpati.com (Pati, Kota) - Pemerintah Kabupaten Pati, kembali mengucurkan bantuan beasiswa bagi murid keluarga miskin berprestasi SMP sederjat dan SMA sederajat.  Mereka yang menerima beasiswa tersebut, mencapai 904 siswa.
Bantuan pendidikan dari Pemkab Pati tersebut diserahkan didua tempat berbeda, Rabu siang kemarin, 8 Januari 2013. Untuk 458 murid miskin berprestasi dari eks Kawedanan Juana, eks Kawedanan Tayu, dan eks Kawedanan Jakenan diserahkan di halaman SMP Negeri 1 Juwana.  Dan 446 murid miskin berprestasi dari eks Kawedanan Pati dan eks Kawedanan Kayen penyerahanya dilaksanakan di Gedung PGRI Pati.
Bupati Pati Haryanto menjelaskan, siswa yang menerima beasiswa merupakan siswa tidak mampu, yang mempunyai prestasi akademis disekolah masing-masing yang sudah melalui verifikasi.  Penilaian prestasi dipantau oleh Kepala Sekolah, dengan dilihat dari nilai ujian akhir dan penilaian dalam kegitan belajar sehari-hari. 
“Dan beasiswa ini diberikan murni karena prestasi, sehingga ada kemungkinan bila penerima tidak bisa mempertahankan prestasinya maka ada kemungkinan beasiswa tersebut akan dialihkan kesiswa yang lebih berprestasi. Ini merupakan perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan, khususnya di Pati. Semoga beasiswa ini bisa memacu orang tua untuk membimbing dan mendorong anaknya untuk lebih berprestasi”. Lanjut Haryanto.
Beasiswa yang diserahkan itu, diberikan atas nama siswa yang bersangkutan, dan tidak bisa dialihkan kepada siswa lain sebelum ada verifikasi. Setiap siswa dari jenjang SMP dan MTs akan menerima beasiswa sebesar 1 jt sedangkan untuk jenjang SMU dan SMK beasiswa yang diterima sebesar 1,5 jt.
“Dan bagi siswa yang bisa berprestasi di tingkat regional, Nasional maupun Internasional mulai tahun 2014 ini akan mendapat beasiswa khusus dari pemerintah daerah. Sehingga orang tus siswa yang mempunyasi Prestasi tidak perlu memikirkan biaya pendidikan anaknya”. Lanjut Haryanto.(*)


Share on Google Plus

About KMPP Walisongo

0 komentar: