Terminal Tayu Siap Beroperasi

Setelah melalui sejumlah tahapan tidak lama lagi terminal Tayu akan segera dioperasionalkan. Penggunaan secara resmi itu direncanakan akan mulai digunakan pada 30 Mei mendatang.
Rencana pengoperasionalan terminal itupun turut diamini oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kabupaten Pati, Tri Haryama kemarin. Dia mengatakan, saat ini sejumlah tahapan persiapan telah rampung dilakukan. Termasuk penataan fasilitas tambahan untuk mendukung terminal tersebut.
“Sudah kami lengkapi semua baik penambahan 21 kios termasuk pedagang yang akan menempati, kantor utama, lampu penerangan, dan juga rambu petunjuk dan penerangan,” terang Tri Haryama. Saat dioperasionalkan kedepan selain angkutan umum nantinya bus antar kota antarprovinsi yang banyak mencari penumpang juga akan turut dimasukkan ke dalam terminal tersebut.
Hal itu juga dikatakan telah dikomunikasikan dengan agen bus yang ada disekitar daerah tersebut. “Jadi bila biasanya bus Pati- Jakart a atau bus luar Jawa yang biasanya mengambil penumpang di pinggir jalan sudah kami arahkan masuk ke terminal semuanya.
Selain lebih tertata tentu hal itu juga akan semakin meramaikan terminal Tayu itu,” terangnya. Terkait rute yang awalnya direncanakan akan dirubah sepertinya hal itu belum akan dilakukan terlebih dahulu. Dalam pengoperasionalannya akhir Mei mendatang masih akan digunakan rute seperti saat ini.
Evaluasi Berkala
“Kami lihat dulu rute itu akan tetap kami evaluasi secara berkala. Terutama untuk melihat tingkat kepadatan arus disana,” imbuhnya. Dirinya juga mengaku optimis bila terminal tersebut sudah dioperasionalkan secara maksimal akan kian memperbaiki kondisi lalu lintas di Pati bagian utara tersebut. Tidak saja dari kepadatan arus namun juga dari segi pendapatan asli daerah.
“Kami yakin nanti penarikan retribusi juga akan lebih tertib. Selain itu juga akan lebih mudah terkontrol karena angkutan akan masuk ke dalam terminal,” imbuhnya. Di daerah sana sendiri dikatakannya ada lima trayek angkutan yang beroperasi.
Seperti Tayu- Jepara, Tayu-Dukuhseti, Tayu- Juana, Tayu-Pati, dan juga Tayu- Gunungwungkal. Selain itu juga ada angkutan lintas kabupaten seperti Jepara-Tayu-Rembang dan Jepara-Tayu-Pati. “Kalau seremoni pengoperasionalan terminal itu sendiri rencananya akan kami lakukan pada Jumat (29/5) mendatang dan dipimpin langsung oleh Bupati Pati,” terangnya.

sumber berita: suaramerdeka.com
Share on Google Plus

About KMPP Walisongo

0 komentar: