Pertumbuhan Ekonomi Pati 5 Tahun Terakhir

Pelaksanaan program dan kegiatan APBD tahun anggaran 2014 berpengaruh terhadap kondisi perekonomian daerah secara makro. Dimana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Pati  dapat diukur dari pertumbuhan nilai Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).
Pertumbuhan perekonomian Kabupaten Pati, selama kurun waktu lima tahun terakhir, menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang fluktuatif dengan kisaran 5,19% - 5,72%.
Demikian ungkap Bupati Haryanto, saat menyampaikan laporan keuangan yang meliputi laporan realisasi APBD 2014, dihadapan rapat paripurna DPRD, Senin lalu (11/5).
“Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh kenaikan pada sektor-sektor-sektor unggulan. Seperti pertanian dan industri. Sektor-sektor yang lain juga mengalami kenaikkan walau secara keseluruhan nilainya relatif kecil untuk meningkatkan nilai PDRB secara agregat,” kata Bupati. 
Bupati Pati mengatakan, pertanian merupakan sektor yang memberikan kontribusi terbesar terhadap pembentukan PDRB Kabupaten Pati. 35,46% pada 2009, 36,17% pada 2010, 36% pada 2011, 35,92% pada 2012, serta 35,28% pada 2013. 
“Hal ini menunjukkan sektor pertanian masih memegang peranan penting dalam perekonomian di Kabupaten Pati,” ujarnya.
Namun untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang baik, kata Bupati Pati Haryanto dihadapan anggota dewan, serta Wakil Bupati Budiyono, Sekda Desmon Hastiono, dan para SKPD, hendaknya para pejabatnya harus memahami azas umum penyelenggaraan negara. Mulai dari kepastian hukum, keterbukaan, partisipasi, profesional, proporsionalitas dan akuntabilitas. Serta melibatkan masyarakat dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya.

sumber berita: pasfmpati.com
Share on Google Plus

About KMPP Walisongo

0 komentar: